Sabtu, 10 Januari 2009

Benih Adenium

“Memilih berarti harus menentukan pula bagian yang harus dikorbankan”. Karena adenium memilih cara penyebaran benih melalui angin, maka berupaya benih harus ringan agar mudah melayang. Pengorbanan yang dipilih adalah kulit benih menjadi tipis dan berongga .

Kulit tipis menjadikan fungsi perlindungan embrio dalam benih menjadi minim. Benih rentan terhadap pengaruh lingkungan luar, dan kualitas benih akan cepat mengalami penurunan (deteriosasi) sejalan dengan waktu. Dampaknya, tanpa pengelolaan yang tepat, daya kecambah dan daya tumbuh benih akan turun dengan cepat seperti deret ukur. Dengan penanganan seadanya, benih adenium berumur kurang dari satu bulan, daya kecambah berkisar 90 %. Lebih dari tiga bulan, daya kecambah turun hingga 60 %. Dan lebih dari lima bulan, daya kecambah turun hingga 10 % saja.

Bagaimana mengatasi kendala kualitas benih ? Bagi penghasil benih, penangganan pasca panen menjadi hal mutlak. Bagi penanam benih, jawabnya hanya ada satu, pilih benih yang berkualitas. Bagaimana caranya ? Direndam dalam air, seperti memilih benih padi. Benih yang tenggelam adalah benih berkualitas? Ya, untuk padi, tidak untuk adenium. Logikanya, bagaimana mungkin benih adenium akan mudah melayang di udara kalau di dalam air saja tenggelam ? Bulu layang pada benih adenium tidak mempunyai kapasitas untuk menerbangkan benih adenium, layaknya baling-baling pesawat udara. Berkualitas atau tidak, benih adenium tetap saja akan melayang di air. Kalaupun ada yang tenggelam, mungkin benih adenium tersebut telah rusak. Pilih benih adenium yang masih baru (“fresh”), maksimal berumur di bawah 2 bulan. Ditandai dengan kulit benih nampak elastis dan pejal. Kulit berkerut, kaku, rapuh, dan berwarna coklat kotor, tanda benih telah berumur. Tekan benih dengan ujung jari telunjuk dan jempol, boleh juga dengan jari manis dan kelingking bila terbiasa. Benih berkualitas akan terasa ada isi benjolan di dalamnya. Itulah embrio dan cadangan makanan yang menandakan benih berisi. Bila ditekan meski terasa berisi namun kulit mudah pecah, itu tanda benih telah berumur. Buang saja benih yang demikian. Terakhir, jangan sekali-kali pilih benih yang berjamur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar